Cakap, Platform Upskilling #1 di Indonesia.   Download Cakap  

Syarat dan Ketentuan

www.cakap.com

PT Cerdas Digital Nusantara (“Cakap”, “Kami”) menawarkan kamu (“Perujuk”) untuk bergabung di dalam program referral kami (“Program”). Kami berhak untuk menghentikan atau mengubah programnya kapan pun untuk alasan apa pun. Program ini dijalankan oleh Cakap yang mungkin menyerahkan sejumlah elemen administrasi ke pihak ketiga (secara kolektif disebut sebagai “Administrator”)

Perujuk terikat oleh Syarat dan Ketentuan ini. Dengan berpartisipasi di dalam Program, Perujuk setuju untuk menggunakan Program sesuai dengan yang tertera di Syarat dan Ketentuan ini. Jika kamu tidak setuju dengan keseluruhan Syarat dan Ketentuan ini, kamu tidak berhak mendaftar sebagai Perujuk atau berpartisipasi di dalam Program dalam bentuk apa pun. Perujuk tidak diperbolehkan berpartisipasi di dalam Program jika hal tersebut dilarang oleh hukum maupun peraturan yang berlaku.

Menyetujui Syarat dan Ketentuan registrasi Cakap sama dengan menyetujui Syarat dan Ketentuan Program ini, yang telah menjadi Syarat dan Ketentuan Cakap.

  • Kelayakan Perujuk
  • Cara Kerja
  • Berbagi Tautan Rujukan
  • Referral yang Layak
  • Tentang Komisi
  • Cara Mendapatkan dan Menggunakan Komisi

Cakap memiliki hak tunggal untuk menentukan keabsahan akun seorang Perujuk. Lebih dari itu, Perujuk harus:

  1. Merupakan warga negara Indonesia.
  2. Berusia setidaknya 18 tahun.
  3. Memiliki akun Cakap yang sah dan berlaku.
  4. Menaati Petunjuk, Syarat dan Ketentuan yang ditentukan oleh Cakap sehubungan dengan mekanisme Program.
  1. Perujuk merupakan pihak yang terdaftar di platform Cakap dengan syarat dan ketentuan sebagaimana tertera pada Kelayakan Perujuk.
  2. Setelah ketentuan pada poin 1 terpenuhi dan Perujuk dinyatakan terdaftar di platform Cakap, Perujuk dapat mengakses Program pada aplikasi Cakap khususnya pada fitur Program Referral.
  3. Perujuk diwajibkan mengikuti petunjuk di layar dan akan diberikan kode rujukan pribadi yang dapat dibagikan kepada teman, anggota keluarga, dan kolega ("Pengguna yang Dirujuk").
  4. Setelah membagikan kode referral, Pengguna yang Dirujuk akan diberikan tautan untuk membuka atau mengunduh aplikasi Cakap.
  5. Pengguna yang Dirujuk akan diarahkan ke halaman orientasi Program dan Cakap Private.
  6. Pengguna yang Dirujuk akan diarahkan untuk memilih paket berdasarkan kebutuhan mereka dan menggunakan kode rujukan pada halaman pembayaran. Pengguna yang Dirujuk dapat menerima diskon 25% untuk Program paket Cakap Private.
  7. Adapun untuk syarat dan ketentuannya terdapat pada rujukan yang memenuhi Persyaratan di bawah ini.
  8. Setelah pembayaran dilakukan oleh Pengguna yang Dirujuk dan status telah berubah menjadi “Aktif”, maka Perujuk akan menerima hadiah sebagaimana tertera pada poin Tentang Hadiah.

Tautan Rujukan hanya boleh digunakan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Tautan Rujukan harus memenuhi Persyaratan sebagai berikut.

  1. Tautan rujukan tidak boleh dipublikasikan atau didistribusikan di situs web komersial (seperti situs web kupon, Reddit, atau Wikipedia; termasuk tetapi tidak terbatas pada situs web komersial yang tidak dapat disebutkan satu persatu) atau di blog.
  2. Perujuk dilarang melakukan tindakan-tindakan yang dapat dikategorikan termasuk ke dalam tindakan spamming yang ditujukan kepada siapa pun dengan undangan rujukan, termasuk tetapi tidak terbatas pada email massal, SMS, atau pesan orang yang tidak dikenal atau menggunakan sistem atau bot otomatis melalui saluran apa pun untuk mendistribusikan tautan rujukan Perujuk.
  3. Perujuk dilarang membayar untuk mengiklankan tautan rujukan mereka.

Cakap membebaskan dan/atau melepaskan diri dari segala tuntutan dan/atau tanggung jawab Hukum dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang berada di luar pihak Cakap yang melakukan spamming dan segala bentuk tindakan-tindakan lainnya yang mengatasnamakan Cakap tetapi tidak bisa diakses di aplikasi dan berpotensi menimbulkan kerugian bagi Pihak mana pun.

  1. Merupakan pengguna baru yang belum pernah melakukan pendaftaran di platform Cakap, termasuk tetapi tidak terbatas pada pembelian placement test.
  2. Bukan merupakan kode referral milik Perujuk sendiri.
  3. Program ini berlaku apabila paket yang dipilih adalah Cakap Private dan bukan pembelian produk Cakap lainnya.
  4. Apabila Pengguna yang Dirujuk telah menggunakan kode referral di salah satu Program bahasa, maka yang bersangkutan tetap dapat menggunakan kode referral tersebut untuk Program bahasa lainnya.
  5. Kode referral hanya dapat dipakai 1 (satu) kali per pengguna.
  6. Apabila yang bersangkutan pernah membeli produk Cakap yang lainnya tetapi tidak termasuk Cakap Private, masih berkesempatan untuk mendapatkan diskon referral.
  1. Komisi yang didapatkan sebesar 10% dari total pembelian Pengguna yang Dirujuk; 
  2. Adapun mengenai besaran nominal komisi sebagaimana dimaksud pada poin 1 (satu) dapat berupa pembulatan nominal ke atas atau ke bawah. Hal ini merupakan hak dan/atau kewenangan sepenuhnya dari pihak Cakap.
  3. Prosentase dan/atau besaran komisi dan maksimum reward dapat berubah sewaktu-sewaktu tanpa pemberitahuan dan merupakan kewenangan sepenuhnya dari pihak Cakap.
  4. Komisi berlaku untuk paket Cakap Private pada semua bahasa/studi.
  5. Perhitungan mengenai besaran komisi hanya dapat diberikan kepada pengguna yang telah dan/atau pernah membeli paket Cakap Private di atas 3 (tiga) bulan.
  6. Komisi berlaku dengan kelipatan dari jumlah teman yang berhasil bergabung ke dalam platform Cakap.
  7. Perujuk akan mendapatkan komisi dalam bentuk voucher merchant dan dapat dipecah dan/atau terbagi ke dalam beberapa bagian yang pecahannya setara dengan total reward (contoh: Rp1.000.000,- (Satu Juta Rupiah) = 10 (sepuluh) voucher, yang mana 1 (satu) voucher bernilai Rp100.000,- (terbilang Seratus Ribu Rupiah).
  8. Merchant voucher merupakan hak sepenuhnya pihak Cakap untuk menyesuaikan dengan ketersediaan dari pihak ketiga. Jenis voucher dan merchant yang sudah diberikan tidak akan berubah.
  1. Setelah Pengguna yang Dirujuk melakukan pembelian, maka status voucher akan dalam status “Menunggu” sampai admin menetapkan komisi untuk Perujuk.
  2. Pengguna akan mendapatkan rewards ketika Pengguna Kode Referral dan / atau Pengguna yang Dirujuk  berhasil melakukan pembelian Paket dan / atau Program;
  3. Ketentuan sebagaimana diatur pada Poin 2 (dua) apabila Status Pembelian dari Pengguna Kode Referral harus dalam status ‘Paid”
  4. Pembagian voucher akan berlaku di awal bulan dan untuk perhitungan besaran dan / atau jumlah komisi berlaku di bulan sebelumnya. Maksimal pada tanggal 10 di awal bulan; 
  5. Adapun terkait dengan Cara-cara penggunaan voucher bisa berbeda-beda pada tiap-tiap merchant dan untuk cara-cara dan / atau langkah-langkah melakukan proses “redeem” dapat dilihat pada voucher details screen;
  6. Setiap voucher mempunyai expired date atau Tanggal Kadaluwarsa. Pengguna hanya dapat menggunakan dan melakukan pemakaian dalam durasi dan / atau jangka waktu yang sudah ditentukan dan setelah expired date atau Tanggal Kadaluwarsa, Pengguna tidak akan dapat menggunakan Voucher tersebut termasuk namun tidak terbatas pada  upaya-upaya untuk melakukan “request extend”.
  7. Masa berlaku voucher tergantung dari kebijakan setiap merchant.
  8. Reward/Komisi sewaktu waktu bisa tidak diberikan atau dibatalkan sepihak apabila berdasarkan Observasi dari Pihak Cakap terdapat kecurangan yang nyata dalam hal mekanisme ini;
  9. Reward/Komisi yang digunakan adalah berbentuk voucher yang dibagikan pada link and/or kode.
  10. Hadiah tidak memiliki nilai moneter dan tidak dapat ditukarkan dengan uang tunai. Hadiah tidak dapat ditransfer dan tidak dapat dilelang, diperdagangkan, dibarter, atau dijual. Setelah penghentian program rujukan atau bagiannya karena alasan apa pun, Hadiah yang belum ditukarkan yang belum dikirimkan kepada Perujuk akan hangus atau menjadi tidak berlaku.

Urusan Bisnis & Hukum Cakap

PT Cerdas Digital Nusantara
Jl. Makaliwe Raya No.36, RT.2/RW.5, Grogol
Grogol Petamburan- West Jakarta 11450
(+62) 812 1833 8653

Kantor China
Distrik Changping
Jalan Utara Ketujuh 69, Kamar 1410
Beijing, Tiongkok

Setiap hak yang tidak secara tegas diberikan di sini dilindungi undang-undang.

KETENTUAN LAYANAN CAKAP

www.cakap.com

Cakap ingin menciptakan komunitas pembelajaran bahasa asing online yang baik, kondusif, dan positif. Dengan demikian kami menyusun syarat dan ketentuan untuk mengatur penggunaan layanan yang ditawarkan oleh PT Cerdas Digital Nusantara terkait penggunaan situs www.cakap.com dan aplikasi Cakap. Pengguna disarankan untuk membaca dan memahami dengan cermat aturan yang ditetapkan karena mempengaruhi hak dan kewajiban pengguna berdasarkan hukum.

Cakap mempunyai hak dan kewenangan untuk terus menerus dari waktu ke waktu mengubah dan memperbaharui Ketentuan Layanan ini guna pengembangan diri dan penyesuaian dengan perkembangan teknologi dan zaman.

Dengan menyetujui, mendaftar, dan/atau menggunakan situs www.cakap.com dan aplikasi Cakap, pengguna dianggap telah membaca, memahami, dan menyetujui semua konten dalam syarat dan ketentuan yang ditetapkan. Jika pengguna tidak menyetujui satu, sebagian atau semua konten syarat dan ketentuan, pengguna tidak diizinkan untuk menggunakan layanan di www.cakap.com maupun aplikasi Cakap.

Terakhir diperbarui: 16 Juni 2022

  1. Cakap adalah platform daring pembelajaran dua arah yang menghubungkan Pengguna dan pengajar berbasis panggilan video.
  2. Kelas Privat adalah kelas pembelajaran dua arah antara 1 (satu) orang pengajar dan 1 (satu) orang Pengguna di dalam platform Cakap atau platform alternatif yang dipilih oleh Cakap.
  3. Kelas Semi Privat dan Korporasi adalah kelas pembelajaran dua arah antara 1 (satu) orang pengajar dan 2 (dua) orang Pengguna atau lebih di dalam platform Cakap atau platform alternatif yang dipilih oleh Cakap.
  4. Kelas Klub adalah kelas pembelajaran dua arah antara 1 (satu) orang pengajar dan 1 (satu) sampai 100 (seratus) orang Pengguna di dalam platform Cakap atau platform alternatif yang dipilih oleh Cakap.
  5. Informasi rahasia berarti setiap data atau informasi yang merupakan hak milik yang terlindungi dari PARA PIHAK (Pengguna ataupun Pihak Cakap) yang mengungkapkan dan secara umum tidak diketahui oleh publik, baik dalam bentuk berwujud maupun tidak berwujud, kapanpun dan bagaimanapun diungkapkan, termasuk dan tidak terbatas pada:
    1. Setiap strategi bisnis dan pemasaran, informasi keuangan, atau proyeksi, operasi, estimasi penjualan, rencana dan model bisnis, dan sistem berkenaan dengan bisnis Perseroan dan hasil kinerja berkaitan dengan kegiatan di masa lampau, sekarang atau mendatang dari pihak tersebut, afiliasi, anak perusahaan dan perusahaan terafiliasinya;
    2. Rencana untuk produk-produk atau jasa-jasa, dan basis data dan daftar pelanggan/pelajar/calon pelajar, klien atau pemasok;
    3. Setiap informasi ilmiah atau teknis, kurikulum dan silabus kuliah, invensi, proses, prosedur, formula, perbaikan, teknologi atau metode
    4. Setiap konsep, laporan, data, ilmu, pekerjaan yang sedang berlangsung, gambar, desain, alat-alat pengembangan, spesifikasi, piranti lunak komputer, kode sumber, kode objek, algoritma, diagram alir, basis data, penemuan, informasi dan rahasia dagang;
    5. Setiap hak cipta, merek dagang, logo, merek jasa, nama jasa, nama domain, karya sastra, karya audio visual, termasuk setiap Hak atas Kekayaan Intelektual lainnya yang timbul menurut hukum Negara Republik Indonesia yang berlaku atau setiap negara, yang dimiliki, dikendalikan, disimpan, dipegang untuk dipakai, digunakan atau dikembangkan oleh dan/atau untuk Perseroan;
    6. Segala bentuk tangkapan layar, gambar, video dan upaya-upaya dalam bentuk apapun yang dapat dikategorikan sebagai penyebarluasan, penyalahgunaan, penyimpangan yang dilakukan oleh Pelajar/Pengguna/keluarga/afiliasinya;
    7. Setiap informasi lain yang sewajarnya dianggap sebagai Informasi Rahasia dari pihak yang mengungkapkan.
  1. Paham mengenai pengetahuan dasar dalam mengoperasikan Windows, Mac, Android atau IOS.
  2. Memiliki komputer pribadi atau smartphone; laptop yang direkomendasikan atau ponsel Android / IOS.
  3. Memiliki koneksi internet minimum 5 Mbps.
  4. Pengguna bersedia untuk menyiapkan gambar pribadinya untuk tujuan dokumentasi dan sertifikasi. Cakap tidak memiliki hak untuk mendistribusikan gambar tanpa izin pengguna.
  5. Berusia minimal 4 (empat) tahun untuk dapat mengikuti kelas Privat, kelas Semi Privat dan Korporasi.
  6. Berusia minimal 16 (enam belas) tahun untuk dapat mengikuti kelas Klub.
  1. Pendaftaran dapat dilakukan dengan mengisi formulir di halaman cakap.com atau di aplikasi kami. Pendaftaran dapat dilakukan secara mandiri atau dengan menghubungi Study Advisor kami yang akan membantu proses pendaftaran.
  2. Ketika Anda mendaftar kursus, Anda juga akan diminta untuk mengunggah informasi tertentu, seperti nama, alamat, tanggal lahir, gambar profil, nomor telepon, memverifikasi surat elektronik, jenis kelamin, pekerjaan dan kebutuhan pembelian kursus di Cakap. Setiap anggota yang ingin mendaftar untuk salah satu kursus harus memenuhi persyaratan ini dan memberikan informasi yang benar yang dapat didukung oleh dokumen hukum.
  3. Pengguna bertanggung jawab untuk melindungi kredensial pengguna. Pengguna setuju bahwa tidak akan mengungkapkan kredensial pribadi pengguna kepada pihak ketiga mana pun dan bahwa pengguna akan bertanggung jawab penuh atas kegiatan atau tindakan apa pun di bawah Akun Cakap pengguna, terlepas dari pengguna telah mengizinkan kegiatan/tindakan tersebut atau tidak. Pengguna harus segera menginformasikan Cakap tentang penggunaan Akun Cakap pengguna yang tidak sah.
  1. Pengguna akan mulai berlangganan maksimal dalam 1×24 jam setelah melakukan pembayaran. Pengguna dapat menunda aktivasi paket belajar hingga 30 hari dari perjanjian pembayaran.
  2. Cakap hanya mengirimkan faktur melalui cs@cakap.com, Cakap tidak bertanggung jawab atas segala bentuk penipuan atas faktur yang dikirimkan dari akun selain cs@cakap.com. Study Advisor Cakap juga akan membantu mengirimkan faktur pembayaran saat menjelaskan mengenai tata cara pembayaran, serta pada saat proses mengingatkan pembayaran bagi pengguna yang belum melakukan pembayaran.
  3. Paket yang telah dibeli tidak dapat dikembalikan baik dalam bentuk uang dan/atau dialihkan ke akun lain.
  4. Pada saat Study Advisor Cakap menghubungi calon pengguna, semua pembicaraan melalui telepon akan direkam untuk kenyamanan saat bertransaksi.

Metode pembayaran yang dapat dipilih antara lain:

    1. Kartu Kredit atau pembayaran melalui Mandiri Klik yang disediakan oleh Veritrans
    2. Pembayaran melalui GoPay, Tokopedia, Blibli, Shopee, dan pembayaran digital lainnya.
    3. Transfer atau pembayaran melalui Akun PayPal.
    4. Transfer Bank Virtual Account (BCA dan Mandarin)

      PT Cerdas Digital Nusantara
      BCA, Akun No: 8040141180 | Kantor Cabang BCA Muara Karang Utara
      Mandiri, Akun No: 1680000873826 | Kantor Cabang Bank Mandiri Pantai Indah Kapuk

      *Cakap tidak bertanggung jawab atas pembayaran di luar akun yang disebutkan di atas.

  1. Operasional Cakap berlangsung pada hari Senin sampai dengan Minggu dimulai dari pukul 08:00 – 22:00 WIB.
  2. Student Support & Success kami akan siap membantu pengguna selama jam operasional Cakap.
  1. Total hari aktif di Cakap akan berbeda setiap bulannya. Pengguna akan diberitahukan mengenai hari libur melalui halaman website atau melalui email.
  2. Hari Libur untuk kelas Bahasa Mandarin berdasarkan kalender Tiongkok dan Indonesia.
  3. Hari Libur untuk kelas Bahasa Inggris dan Inggris untuk Anak-Anak berdasarkan kalender Filipina.
  4. Hari Libur untuk kelas Bahasa Jepang berdasarkan kalender Indonesia.
  5. Hari Libur untuk kelas Bahasa Indonesia berdasarkan kalender Indonesia.
  6. Hari Libur untuk kelas Bahasa Korea berdasarkan kalender Indonesia.

Tes Penempatan

  1. Tes penempatan level Pengguna dilakukan secara individual untuk semua Pengguna dari kelas Semi Privat menggunakan akun pribadi.
  2. Hasil dari tes penempatan level akan diinformasikan kepada Pengguna melalui email.
  3. Apabila hasil belum diterima dalam 1×24 jam, maka Pengguna dapat menghubungi Tim Study Advisor.

Pembentukan grup kelas

  1. Sebelum kelas dimulai, pembentukan kelas akan dibantu oleh Tim Study Advisor. Masa tunggu pembentukkan kelas akan dilakukan paling lambat dua minggu setelah Pengguna melakukan pembayaran.
  2. Kelas akan dimulai dua minggu sejak Pengguna melakukan pembayaran atau Pengguna bisa memulai kelas dengan segera apabila Pengguna mengajak 1 – 2 murid lainnya untuk melengkapi pembentukan grup.
  3. Pembentukan grup yang ideal jika seluruh Pengguna dalam satu grup memiliki level yang sama yang dibuktikan dengan hasil tes penempatan level Pengguna yang diselenggarakan oleh Cakap.
  4. Apabila pembentukan group ideal sebagaimana dimaksud pada poin 3 di atas tidak tercapai, dan/atau apabila terdapat permintaan khusus dari Pengguna untuk digabungkan ke dalam satu group dengan Pengguna lainnya yang berada pada Level yang berbeda, maka tim Study Advisor akan membentuk suatu kelompok campuran.
  5. Jika ada perbedaan level antara Pengguna dengan Pengguna lainnya dalam 1 grup, maka Education Team akan menentukan level yang tepat dan sesuai untuk grup tersebut.
  6. Tim study advisor akan meminta surat persetujuan dari para Pengguna untuk menyatakan persetujuan Pengguna yang bersangkutan atas segala hal yang berkaitan dengan penentuan level kelas tersebut.
  7. Setelah grup terbentuk dan program belajar-mengajar sudah berjalan, Pengguna tidak diizinkan untuk mengubah anggota grup atau berpindah ke grup lainnya. Khusus untuk pembentukkan grup Semi Privat Kids, terdapat kriteria tambahan berdasarkan usia Pengguna untuk memaksimalkan proses belajar di Cakap dengan pembagian sebagai berikut:
    • Usia 4 (Empat) sampai dengan 6 (Enam) tahun.
    • Usia 7 (Tujuh) sampai dengan 11 (Sebelas) tahun
    • Usia 12 (Dua belas) sampai dengan 15 (Lima belas) tahun.

Pemesanan kelas, penggantian jadwal, pembatalan kelas dan Cuti

  1. Setelah grup selesai terbentuk, Tim Student Success akan membantu Pengguna memesankan kelas selama program berlangsung sesuai dengan hari dan jam yang telah disepakati oleh semua Pengguna dalam satu grup.
  2. Pengguna tidak diperkenankan untuk melakukan pemesanan sendiri tanpa sepengetahuan TIm Student Success dan/atau Pengguna lain dalam satu grup.
  3. Untuk mengganti jadwal belajar dan membatalkan kelas, Pengguna dapat menginformasikan kepada Tim Student Success melalui grup Whatsapp yang telah disediakan setelah disepakati oleh semua Pengguna dalam satu grup paling lambat 24 (dua puluh empat) jam sebelum kelas dimulai.
  4. Permintaan penggantian dan pembatalan jadwal belajar wajib dikirimkan paling lambat 24 (dua puluh empat) jam sebelum kelas berlangsung.
  5. Pengguna yang telah membeli paket belajar, namun karena alasan liburan, penyakit berkepanjangan ataupun alasan lain yang mengakibatkan pengguna tidak dapat mengikuti proses pembelajaran di Cakap dapat mengajukan cuti belajar. Khusus kelas Semi Privat dan Korporasi, cuti berlaku untuk semua pengguna dalam 1 kelompok dan telah mendapatkan persetujuan bersama. Penerapan cuti belajar wajib diberitahukan kepada Student Support & Success Cakap paling lambat 3 (tiga) hari kerja sebelumnya.

Kendala Teknis, keterlambatan dan ketidakhadiran Pengguna

  1. Tidak akan ada penambahan waktu dan tidak akan ada kelas pengganti jika Pengguna mengalami kendala teknis, keterlambatan, dan/atau ketidakhadiran.
  2. Pengajar akan menunggu kehadiran Pengguna maksimum 30 (tiga puluh) menit di dalam kelas. Apabila telah melebihi waktu tersebut maka kelas akan diakhiri dan terhitung telah selesai serta Pengguna dianggap tidak menghadiri kelas.
  3. Jika terdapat kendala teknis terkait platform belajar yang digunakan, Pengguna harus menginformasikan kepada Tim Student Success maksimal 1 (satu) minggu terhitung sejak kendala teknis tersebut terjadi.
  4. Jika kendala teknis tetap berlanjut selama 3 (tiga) kali setelah resolusi teknis standar dilakukan (pindah ke platform cadangan), maka Tim Student Success akan melakukan pertemuan teknis untuk mengakomodasi platform belajar tambahan khusus untuk grup tersebut.
  5. Setelah platform baru disetujui oleh semua Pengguna dalam satu grup, maka tidak ada perubahan lebih lanjut yang akan dilakukan sampai paket selesai.

Kendala Teknis, keterlambatan dan ketidakhadiran Pengajar

  1. Jika terdapat kendala teknis dari sisi Pengajar pada saat sesi kelas sedang berjalan (sebelum menit ke-15 untuk kelas Privat dan sebelum menit ke-25 untuk kelas Semi Privat), maka kelas akan dibatalkan dan Cakap akan menggantikan periode/kredit sesuai dengan jumlah kelas yang terdampak. Cakap memastikan bahwa penggantian ini akan tetap senilai dengan paket awal. Jika Pengguna/Pengguna-Pengguna setuju untuk tetap melanjutkan kelas, maka tidak akan ada penambahan durasi / perpanjangan periode/kredit.
  2. Jika dalam 5-10 menit dari waktu kelas dimulai Pengajar belum hadir di kelas, segera hubungi Cakap Student Success melalui whatsapp di link berikut https://bit.ly/Cakapsupport atau melalui live chat di website Cakap.
  3. Jika Pengajar terlambat menghadiri kelas hingga 10 menit, maka Pengajar berkewajiban menambahkan durasi yang tertinggal hingga 50 menit untuk kelas Semi Privat. Contoh waktu keterlambatan:
    • 0-5 menit: Pengajar akan menambahkan durasi sesuai dengan keterlambatan 0-5 menit
    • 6-10 menit: Pengajar akan menambahkan durasi sesuai dengan keterlambatan 6-10 menit
  4. Jika Pengajar terlambat menghadiri kelas setelah kelas berjalan lebih dari 10 (sepuluh) menit, maka Pengguna dapat memilih kelas dibatalkan atau kelas dilanjutkan.
  5. Jika seluruh Pengguna sepakat untuk membatalkan kelas, Cakap akan menggantikan periode/kredit sesuai dengan jumlah kelas yang terdampak dan Cakap akan memastikan bahwa penggantian tersebut akan tetap senilai dengan paket awal
  6. Jika seluruh Pengguna sepakat untuk melanjutkan sisa waktu kelas, maka tidak ada penambahan durasi dan pergantian periode/kredit.
  7. Pengguna diperbolehkan memesan kelas kembali di hari yang sama jika disepakati oleh Pengguna dalam satu grup, dengan ketentuan yang berlaku yaitu paling lambat 6 (enam) jam sebelum jadwal kelas dimulai.
  8. Tidak ada lagi Pengajar yang memberikan sesi kelas tambahan di luar jadwal dan platform, serta tidak ada penambahan waktu belajar di kelas berikutnya.

*Note: (Pengguna wajib kirimkan bukti Screenshot di kelas pada saat menunggu Pengajar)

 

Tes Akhir dan sertifikat penyelesaian level

  1. Tim Education akan mempersiapkan dan memberikan ujian akhir dalam bentuk tes berbicara. Hal Ini menjadi bagian dari prosedur standar operasional yang diberlakukan oleh Cakap sebagai mekanisme dan / atau prosedur penyelesaian Kelas Semi-Privat.
  2. Bagi Pengguna yang belum mencapai ketuntasan minimal pembelajaran dan / atau materi terakhir, Pihak Cakap akan menawarkan kepada Pengguna untuk melakukan Perpanjangan Kelas Semi Privat.
  3. Pengguna berhak mendapatkan Certificate of Attendance (CoA) setelah Pengguna menyelesaikan semua sesi dengan persyaratan minimum adalah Pengguna telah menyelesaikan 30 (tiga puluh) jam sesi belajar. Pemberian CoA ini tidak berlaku bagi Pengguna yang tidak memenuhi standar minimum sebagaimana tersebut di atas.
  4. Pengguna berhak mendapatkan Certificate of Completion (CoC) setelah Pengguna menyelesaikan semua sesi serta mengikuti ujian akhir dalam bentuk tes berbicara sesuai dengan mekanisme dan / atau Prosedur Ujian yang ditentukan oleh Pihak Cakap.
  5. Laporan kepada Pengguna hanya sebatas status kehadiran dan laporan perkembangan harian.

Sesi Konsultasi (Khusus Grup Semi Privat Kids)

  1. Setelah menyelesaikan minimum 20 (dua puluh) jam sesi belajar, orang tua Pengguna dapat dijadwalkan untuk mengadakan sesi konsultasi bersama Pengajar Cakap secara individu (bukan grup). Sesi ini diadakan bagi orang tua murid yang ingin mengetahui perkembangan belajar sang anak.
  2. Untuk menjadwalkan sesi konsultasi, orang tua murid dapat mengkomunikasikan hal tersebut kepada Tim Student Success melalui grup WhatsApp yang telah disediakan.
  3. Sesi konsultasi dijadwalkan 1 (satu) minggu setelah permintaan diterima oleh tim Student Success.
  4. Satu sesi konsultasi akan dihadiri oleh orang tua dari Pengguna, satu Pengajar, serta 1 perwakilan dari Tim Education Cakap.

Perpanjangan Grup Belajar

  1. Perpanjangan untuk kelas Semi Privat akan berlaku jika seluruh Pengguna dalam satu grup menyetujui sesinya untuk diperpanjang.
  2. Apabila permintaan Perpanjangan Kelas Semi Privat sebagaimana tersebut di atas hanya diminta oleh salah satu Pengguna dan tidak diikuti oleh Pengguna lainnya, maka Dalam hal ini Pihak Cakap akan memberikan beberapa Opsi yang dapat diambil oleh Pengguna, di antaranya :
    • Pengguna akan ditawarkan oleh Pihak Cakap untuk beralih ke kelas Privat
    • Pengguna akan disarankan oleh Pihak Cakap agar dapat mencari Pengguna lain dengan level yang sama.
  3. Grup yang sebagian Penggunanya tidak memperpanjang diperbolehkan untuk mencari Pengguna pengganti.
  4. Pengguna pengganti wajib untuk memenuhi ketentuan dalam menempuh tes akhir dan sertifikat penyelesaian level.
  1. Kelas Privat Cakap Mandarin, Mandarin untuk Anak-Anak, Jepang, Korea dan Indonesia akan berdurasi 45 (empat puluh lima) menit. Sementara waktu belajar untuk kelas Cakap Privat Inggris, Inggris untuk Anak-Anak adalah 25 (dua puluh lima) menit.
  2. Kelas Klub Cakap akan berdurasi 25 (dua puluh lima) menit untuk kelas percobaan dan 50 (lima puluh) menit untuk kelas premium. Tidak ada batasan waktu minimal untuk dapat hadir di kelas Klub namun pengguna disarankan untuk dapat mengikuti kelas Klub secara penuh agar materi pembelajaran dapat diterima sepenuhnya.
  3. Pengguna kelas Privat Cakap yang tidak hadir maksimal dalam 15 menit setelah kelas dimulai akan dianggap tidak hadir.
  4. Keterlambatan dalam memasuki kelas ketika kelas telah dimulai akan mengurangi durasi proses pembelajaran yang telah ditentukan (dalam poin bagian poin 1 dan 2).
  5. Guru kami memberikan toleransi maksimal 5 (lima) menit (untuk kelas Privat) dari waktu pemesanan sehingga Anda masih dapat menikmati durasi belajar yang maksimal.
  6. Pada kelas Privat Cakap, guru kami akan menunggu hingga 15 (lima belas) menit keterlambatan dari waktu pemesanan sehingga pengguna dapat menikmati sisa durasi kelas.
  7. Khusus kelas Klub, tidak ada batasan waktu minimal untuk dapat hadir di kelas.
  8. Pengguna akan dianggap hadir jika telah menghadiri kelas minimal 10 (sepuluh) menit untuk kelas Privat Cakap.
  1. Setelah Pengguna menyelesaikan kriteria tertentu untuk penyelesaian level (termasuk tetapi tidak terbatas pada jam pengajaran yang selesai, materi, ujian, dan peningkatan keterampilan berbicara mereka) Pengguna akan diberikan peningkatan tingkat mereka dan sertifikat untuk penyelesaian tingkat tertentu.
  2. Tingkat kemajuan dan sertifikasi Pengguna di Cakap adalah sepenuhnya Hak Cakap sebagai lembaga pembelajaran dan diberikan berdasarkan diskresi oleh kepala guru/pengelola mata kuliah sesuai standar akademik internal.
  1. Sobat Cakap diwajibkan mengikuti dan menyelesaikan ujian pertengahan dan ujian akhir untuk masuk ke tingkat berikutnya.
  2. Sobat Cakap yang belum menyelesaikan ujian pertengahan atau ujian akhir, tidak dapat memesan kelas atau naik ke tingkat berikutnya.
  3. Ujian pertengahan berlangsung setiap pertengahan materi dalam 1 (satu) semester. Sementara itu, ujian akhir berlangsung pada akhir semester.
  4. Sobat Cakap memiliki satu kesempatan untuk mengulang ujian apabila Sobat Cakap gagal menyelesaikan ujian akhir dalam waktu 1 (satu) minggu setelah ujian.
  1. Pada kelas Privat, pengguna dapat memilih guru yang tersedia pada jam yang diinginkan dan memesan kelas secara mandiri berdasarkan kalender yang ada pada dashboard pengguna. Apabila pengguna mengalami kesulitan dalam memilih guru, pengguna dapat menghubungi Student Support & Success kami untuk membantu memilihkan guru yang tersedia yang cocok untuk pengguna.
  2. Pada kelas Semi Privat dan Korporasi, pemilihan guru dan pemesanan kelas dilakukan oleh pihak Cakap sesuai dengan kesepakatan jadwal yang telah ditentukan di awal periode.
  3. Jika guru yang dipilih tidak dapat menghadiri kelas karena sakit, cuti ataupun karena keadaan lain yang tidak memungkinkan guru untuk hadir mengajar, maka Cakap bertanggung jawab untuk menyediakan guru pengganti pada jadwal yang telah dipesan atau dengan membatalkan kelas lalu menggantikan periode untuk paket belajar Cakap Privat Unlimited dan penggantian kredit untuk paket belajar Cakap Privat dengan sesi kredit sesuai jumlah hari atau kelas yang dibatalkan.
  4. Penjadwalan ulang kelas dilakukan dengan menghapus kelas yang sudah dipesan sebelumnya oleh tim Student Support & Success dan akan ditambahkan periode belajar untuk paket belajar Unlimited atau kredit untuk paket belajar dengan sesi kredit menyesuaikan dengan jumlah kelas yang dibatalkan. Hal ini tidak akan mengurangi jumlah sesi yang dimiliki oleh pengguna apabila pengguna mengambil paket belajar dengan sesi kredit. Untuk pengguna yang memiliki paket belajar Unlimited, periode belajar akan digantikan sesuai dengan jumlah kelas yang dibatalkan.
  1. Pengguna yang tidak hadir di kelas yang dipesan sebagaimana diatur pada “Durasi dan Kehadiran Pembelajaran” poin 8, akan dianggap tidak hadir dan tidak ada kelas pengganti.
  2. Dalam hal pengguna tidak menghadiri kelas Semi Privat dan Korporasi, kursus akan dilanjutkan sesuai jadwal dan materi, serta pelajaran yang terlewat merupakan sepenuhnya tanggung jawab pengguna.
  3. Pada kelas Privat, pengguna harus memesan kelas dengan pengajar paling lambat 6 (enam) jam sebelum jadwal kelas yang diinginkan dan pengguna diperbolehkan membatalkan kelas dalam waktu paling lambat 3 (tiga) jam sebelum kelas dimulai.
  4. Pada kelas Korporasi, pemesanan kelas dilakukan oleh pihak Cakap sesuai jadwal yang telah disepakati dan pengguna diperbolehkan membatalkan kelas dalam waktu paling lambat 24 (dua puluh empat) jam sebelum kelas dimulai.
  5. Jumlah pembatalan kelas pada paket belajar Unlimited tidak memiliki batasan dan tidak memiliki jumlah maksimum. Sementara, untuk paket belajar dengan sesi kredit jumlah pembatalannya adalah separuh dari total kredit yang dimiliki oleh pengguna.
  6. Bagi pengguna Paket belajar dengan sesi kredit, apabila yang bersangkutan telah menggunakan semua batas pembatalan kelas sebagaimana diatur pada  poin 5, maka pengguna tetap dapat membatalkan kelas namun kredit yang dibatalkan tidak akan dikembalikan ke akun pengguna. 
  7. Pengguna yang sudah membeli paket namun karena alasan liburan, penyakit berkepanjangan ataupun alasan lain yang membuat pengguna tidak dapat mengikuti proses pembelajaran di Cakap dapat mengajukan cuti belajar. Penerapan cuti belajar wajib diberitahukan kepada Student Support & Success kami paling lambat 3 (tiga) hari kerja sebelumnya.
  8. Pengguna dapat mengajukan cuti maksimal 2 (dua) kali dalam setiap 1 paket yang aktif dan berlaku dengan ketentuan dan / atau mekanisme yang sama untuk paket selanjutnya.
  9. Pengguna dapat menonaktifkan akun sementara dan / atau mengambil cuti dengan membayar biaya sebesar Rp 200.000/waktu cuti untuk 30 hari. Terkait hal ini, Pengguna dapat menghubungi Student Support & Success kami untuk menonaktifkan akun Cakap Pengguna untuk sementara waktu.
  10. Permintaan cuti dan penyesuaian masa studi akan diproses setelah pengguna melampirkan bukti pembayaran paket cuti kepada tim Student Support & Success.
  11. Paket akan aktif secara otomatis setelah paket cuti berakhir dan pengguna dapat melakukan pemesanan kelas kembali. Terkait hal ini Pengguna dapat menghubungi Student Support & Success jika pengguna memiliki pertanyaan atau mengalami kendala.
  1. Jika terjadi masalah jaringan atau perangkat keras dari pengajar, pengguna Cakap perlu melaporkan masalah tersebut ke Student Support & Success kami dalam waktu 3 (tiga) hari setelah kelas diadakan dengan melampirkan screenshot kendala dan screenshot test kecepatan jaringan.
  2. Jika terdapat Kendala dan / atau hambatan saat kelas sedang berjalan (sebelum menit ke-15 untuk kelas Privat), maka kelas akan dibatalkan dan Cakap akan menggantikan periode/kredit sesuai jumlah kelas yang terdampak. Cakap memastikan bahwa penggantian ini akan tetap senilai dengan paket awal. Jika Pengguna setuju untuk tetap melanjutkan kelas, maka tidak akan ada penambahan durasi/perpanjangan periode/kredit.
  3. Penjadwalan ulang kelas dilakukan dengan menghapus kelas yang sudah dipesan sebelumnya dan akan ditambahkan periode belajar untuk paket belajar Unlimited atau kredit dengan menyesuaikan jumlah kelas yang dibatalkan. Hal ini tidak akan mengurangi jumlah sesi yang dimiliki oleh pengguna.
  4. Jika masalah jaringan atau perangkat keras terjadi dari sisi pengguna selama kelas berlangsung, maka kelas tidak akan diganti dan Pihak Pengguna sepakat untuk membebaskan Cakap dari tanggung jawab dalam bentuk apapun.

Pengguna setuju untuk tidak dapat, baik secara langsung ataupun tidak langsung, membocorkan dan/atau menggunakan setiap Informasi Rahasia murid dengan Perusahaan (sepanjang informasi tersebut bersifat rahasia) tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari Cakap.

  1. Pengguna tidak diperbolehkan memiliki kegiatan di luar waktu kelas dengan guru di luar platform Cakap. Cakap tidak bertanggung jawab atas segala bentuk pelanggaran yang dilakukan oleh Oknum Cakap apabila terjadi suatu kegiatan yang dilakukan di luar Platform Cakap.
  2. Pengguna tidak diperbolehkan mengalihkan sisa pelajaran kepada pengguna lainnya atau pihak lain, termasuk namun tidak terbatas kepada keluarga Pengguna.
  3. Setiap pengguna hanya diperbolehkan mendaftarkan 1 (satu) akun di platform Cakap. Hanya pengguna terdaftar yang diperbolehkan menikmati manfaat belajar di Cakap. Cakap melarang penggunaan 1 (satu) akun yang digunakan oleh dan/atau untuk beberapa Pengguna. Dalam hal terjadi peristiwa penggunaan akun oleh dan/atau untuk beberapa pengguna sebagaimana dimaksud di atas, Cakap berhak melakukan pemblokiran terhadap akun tersebut.
  4. Sobat Cakap diharapkan dapat memberikan tanggapan yang  santun, jelas, dan tepat terhadap topik diskusi yang diberikan pada saat proses belajar-mengajar dilangsungkan. Semua pesan yang menyinggung etnis, agama, ras, dan kelompok orang lainnya; berisi ujaran kasar dan kebencian, kecenderungan seksual, dan jargon atau dialek regional dilarang;
  5. Guru dan Perwakilan Cakap dapat dan/atau diperbolehkan mengambil tindakan yang tegas ketika Sobat Cakap memberikan perilaku yang tidak pantas atau beberapa tindakan tidak nyaman yang dapat membuat kelas menjadi tidak kondusif.
  6. Guru dan Perwakilan Cakap dapat dan/atau diperbolehkan untuk mengambil tindakan tegas dan bilamana perlu mengambil langkah-langkah Hukum terhadap segala bentuk Perbuatan dan/atau Perkataan dan/atau Pernyataan yang mengandung muatan-muatan pelanggaran terhadap kesusilaan, norma-norma Moral, Etika yang berlaku di Indonesia dan didistribusikan secara langsung maupun tidak langsung baik melaui media elektronik dan/atau media sosial dalam bentuk apapun yang mekanisme pelaksanaannya dan penerapan sanksinya tunduk pada ketentuan Perundang-undangan yang berlaku di Indonesia;
  7. Adapun terkait ketentuan sebagaimana dimaksud pada Poin 5 dan Poin 6 Syarat dan Ketentuan ini, Guru dan Perwakilan Cakap dapat memberikan tindakan tegas dan/atau sanksi berupa:
    • Peringatan bersifat lisan termasuk namun tidak terbatas kepada Peringatan yang diberikan oleh Guru kepada Pengguna dalam bentuk apapun;
    • Peringatan bersifat tertulis yang dibuat dalam format baku berbentuk surat dan ditujukan kepada Pengguna yang melakukan pelanggaran sebagaimana dimaksud pada Poin 5 dan Poin 6 Syarat dan Ketentuan ini;
    • Guru dan Perwakilan Cakap dapat dan/atau diperbolehkan melakukan suspend Account apabila Peringatan lisan dan tertulis tidak diindahkan dan/atau diabaikan oleh Pengguna yang bersangkutan;
    • Guru dan Perwakilan Cakap dapat dan/atau diperbolehkan menempuh upaya-upaya Hukum apabila Pengguna yang bersangkutan masih tetap melakukan Pelanggaran sebagaimana dimaksud pada Poin 5 dan Poin 6 Syarat dan Ketentuan ini;
  8. Sobat Cakap diharapkan dapat belajar dari sistem kami dan tidak diharapkan dapat menjangkau perwakilan Cakap kami (Guru, Dukungan, dan Penjualan) di luar platform Cakap.
  9. Pada kelas Klub, Sobat Cakap diharapkan memiliki nama pengguna yang valid dan tidak ofensif untuk memiliki pembelajaran kolaboratif yang lebih baik dengan anggota grup lainnya.

Dengan mengunjungi atau menggunakan Situs ini, Anda setuju bahwa Syarat dan Ketentuan ini diatur oleh dan/atau akan ditafsirkan sesuai dengan hukum Indonesia. Pengadilan Indonesia memiliki yurisdiksi eksklusif atas perselisihan antara Anda dan Cakap, terlepas dari apakah Anda adalah pengguna / pelanggan terdaftar dan terlepas dari jenis perselisihan, Anda setuju untuk tidak mengadakan, memulai dan/atau menuntut tindakan apapun terhadap kami selain di pengadilan Indonesia dan Anda dengan ini menyetujui, dan melepaskan semua pembelaan atas kurangnya yurisdiksi pribadi dan forum non-kenyamanan sehubungan dengan, tempat dan yurisdiksi pengadilan Indonesia. Terlepas dari ini, Anda setuju bahwa kami masih akan diizinkan untuk mengajukan permohonan untuk solusi hukuman (atau jenis keringanan hukum yang setara) di yurisdiksi manapun. Cakap melakukan upaya untuk memastikan bahwa publikasi, iklan, dan penawarannya di situs ini sepenuhnya memenuhi persyaratan Hukum Indonesia di mana hal tersebut dimaksudkan agar konten tersebut dapat dilihat. Syarat dan Ketentuan ini merupakan keseluruhan perjanjian antara Anda dan Cakap. Cakap berhak untuk menegakkan perjanjian ini atas nama sendiri dan atas nama dan untuk kepentingan entitas afiliasinya. Terlepas dari entitas afiliasi yang berhak untuk menegakkan ketentuan perjanjian ini dengan cara yang sama seperti Cakap, tidak ada dalam perjanjian ini yang akan memberikan hak atau manfaat apa pun kepada pihak ketiga berdasarkan ketentuan Undang-Undang Kontrak (Hak Pihak Ketiga) 1999.

Cakap dapat segera menangguhkan dan/atau menghentikan akses Anda ke situs dan aplikasi kami tanpa pemberitahuan jika ada pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan penggunaan ini sebagaimana telah ditentukan di atas oleh Anda dan hal tersebut telah menjadi perhatian kami.

Jika Anda melanggar Syarat dan Ketentuan yang telah berlaku ini, kami akan mengupayakan pendekatan-pendekatan musyawarah untuk mencapai mufakat. Namun apabila upaya-upaya tersebut tidak berhasil dilakukan, maka kami akan melakukan tindakan tegas dan apabila diperlukan kami akan mengupayakan penyelesaian secara Hukum terkait pelanggaran yang dilakukan oleh Sobat Cakap.

Pendaftaran Anda dapat dihentikan dan profil Anda serta konten atau informasi apa pun yang telah Anda posting di situs atau aplikasi ini dapat dihapus kapan saja. Kami dapat melarang Anda menggunakan atau mengakses situs dan aplikasi ini dengan alasan apa pun, kapan saja atas kebijakan kami sendiri, dengan atau tanpa pemberitahuan. Syarat dan Ketentuan ini akan berlaku untuk setiap penggunaan situs dan aplikasi ini, juga setelah pendaftaran Anda dihentikan.

Dalam memberikan sertifikat hardcopy, pengguna Cakap akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 200.000 (Dua ratus ribu rupiah) per sertifikat.

Cakap berhak mengubah perjanjian ini tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang Ketentuan Layanan kami, jangan ragu untuk menghubungi kami di cs@cakap.com

  1. Cakap adalah platform daring pembelajaran dua arah yang menghubungkan siswa dan pengajar berbasis panggilan video. 
  2. Kelas privat adalah kelas pembelajaran dua arah antara 1 orang pengajar dan 1 orang siswa di dalam platform Cakap atau platform alternatif yang dipilih oleh Cakap.
  3. Kelas Semi Privat dan Korporasi adalah kelas pembelajaran dua arah antara 1 orang pengajar dan 2 orang siswa atau lebih di dalam platform Cakap atau platform alternatif yang dipilih oleh Cakap.
  4. Kelas Klub adalah kelas pembelajaran dua arah antara 1 orang pengajar dan 1 sampai 100 orang siswa di dalam platform Cakap atau platform alternatif yang dipilih oleh Cakap.
  5. Informasi rahasia berarti setiap data atau informasi yang merupakan hak milik yang terlindungi dari PARA PIHAK (Siswa ataupun Pihak Cakap) yang mengungkapkan dan secara umum tidak diketahui oleh publik, baik dalam bentuk berwujud maupun tidak berwujud, kapanpun dan bagaimanapun diungkapkan, termasuk dan tidak terbatas pada:
    1. Setiap strategi bisnis dan pemasaran, informasi keuangan, atau proyeksi, operasi, estimasi penjualan, rencana dan model bisnis, dan sistem berkenaan dengan bisnis Perseroan dan hasil kinerja berkaitan dengan kegiatan di masa lampau, sekarang atau mendatang dari pihak tersebut, afiliasi, anak perusahaan dan perusahaan terafiliasinya;
    2. Rencana untuk produk-produk atau jasa-jasa, dan basis data dan daftar pelanggan/pelajar/calon pelajar, klien atau pemasok;
    3. Setiap informasi ilmiah atau teknis, kurikulum dan silabus kuliah, invensi, proses, prosedur, formula, perbaikan, teknologi atau metode;
    4. Setiap konsep, laporan, data, ilmu, pekerjaan yang sedang berlangsung, gambar, desain, alat-alat pengembangan, spesifikasi, piranti lunak komputer, kode sumber, kode objek, algoritma, diagram alir, basis data, penemuan, informasi dan rahasia dagang;
    5. Setiap hak cipta, merek dagang, logo, merek jasa, nama jasa, nama domain, karya sastra, karya audio visual, termasuk setiap Hak atas Kekayaan Intelektual lainnya yang timbul menurut hukum Negara Republik Indonesia yang berlaku atau setiap negara, yang dimiliki, dikendalikan, disimpan, dipegang untuk dipakai, digunakan atau dikembangkan oleh atau untuk Perseroan; 
    6. Segala bentuk tangkapan layar, gambar, video dan upaya-upaya dalam bentuk apapun yang dapat dikategorikan sebagai penyebarluasan, penyalahgunaan, penyimpangan yang dilakukan oleh Pelajar/Siswa/keluarga/afiliasinya;
    7. Setiap informasi lain yang sewajarnya dianggap sebagai Informasi Rahasia dari pihak yang mengungkapkan.
  1. Paham mengenai pengetahuan dasar dalam mengoperasikan Windows, Mac, Android atau IOS.
  2. Memiliki komputer pribadi atau smartphone; laptop yang direkomendasikan atau ponsel Android / IOS.
  3. Memiliki koneksi internet minimum 5 Mbps.
  4. Pengguna bersedia untuk menyiapkan gambar pribadinya untuk tujuan dokumentasi dan sertifikasi. Cakap tidak memiliki hak untuk mendistribusikan gambar tanpa izin pengguna.
  5. Berusia minimal 4 tahun untuk dapat mengikuti kelas Privat, kelas Semi Privat dan Korporasi.
  6. Berusia minimal 16 tahun untuk dapat mengikuti kelas Klub.
  1. Pendaftaran dapat dilakukan dengan mengisi formulir di halaman cakap.com atau di aplikasi kami. Pendaftaran dapat dilakukan secara mandiri atau dengan menghubungi Study Advisor kami yang akan membantu proses pendaftaran.
  2. Ketika Anda mendaftar kursus, Anda juga akan diminta untuk mengunggah informasi tertentu, seperti nama, alamat, tanggal lahir, gambar profil, nomor telepon, memverifikasi surat elektronik, jenis kelamin, pekerjaan dan kebutuhan pembelian kursus di Cakap. Setiap anggota yang ingin mendaftar untuk salah satu kursus harus memenuhi persyaratan ini dan memberikan informasi yang benar yang dapat didukung oleh dokumen hukum.
  3. Pengguna bertanggung jawab untuk melindungi kredensial pengguna. Pengguna setuju bahwa tidak akan mengungkapkan kredensial pribadi pengguna kepada pihak ketiga mana pun dan bahwa pengguna akan bertanggung jawab penuh atas kegiatan atau tindakan apa pun di bawah Akun Cakap pengguna, terlepas dari pengguna telah mengizinkan kegiatan/tindakan tersebut atau tidak. Pengguna harus segera memberi tahu Cakap tentang penggunaan Akun Cakap pengguna yang tidak sah.
  1. Pengguna akan mulai berlangganan maksimal dalam 1×24 jam setelah melakukan pembayaran. Pengguna dapat menunda aktivasi paket belajar hingga 30 hari dari perjanjian pembayaran.
  2. Cakap hanya mengirimkan faktur melalui cs@cakap.com, Cakap tidak bertanggung jawab atas segala bentuk penipuan atas faktur yang dikirimkan dari akun selain cs@cakap.com. Study Advisor Cakap juga akan membantu mengirimkan faktur pembayaran saat menjelaskan mengenai tata cara pembayaran, serta pada saat proses mengingatkan pembayaran bagi pengguna yang belum melakukan pembayaran.
  3. Paket yang telah dibeli tidak bisa dikembalikan dalam bentuk uang dan atau dialihkan ke akun lain.
  4. Pada saat Study Advisor Cakap menghubungi calon pengguna, semua pembicaraan melalui telepon akan direkam untuk kenyamanan saat bertransaksi.

Metode pembayaran yang dapat dipilih antara lain:

    1. Kartu Kredit atau pembayaran melalui Mandiri Klik yang disediakan oleh Veritrans
    2. Pembayaran melalui GoPay, Tokopedia, Blibli, Shopee, dan pembayaran digital lainnya.
    3. Transfer atau pembayaran melalui Akun PayPal.
    4. Transfer Bank Virtual Account (BCA dan Mandarin)

       

      *Cakap tidak bertanggung jawab atas pembayaran di luar akun yang disebutkan di atas.

  1. Operasional Cakap berlangsung pada hari Senin sampai dengan Minggu dimulai dari pukul 08:00 – 22:00 WIB. Operasional tim Study Advisor Cakap berlangsung pada hari Senin sampai dengan Jumat pukul 09:00 – 18:00 WIB dan Sabtu sampai dengan Minggu pukul 08:00 – 17:00 WIB.
  2. Student Support & Success kami akan siap membantu pengguna selama jam operasional Cakap.
  1. Total hari aktif di Cakap akan berbeda setiap bulannya. Pengguna akan diberitahukan mengenai hari libur melalui halaman website atau melalui email.
  2. Liburan untuk kelas Bahasa Mandarin berdasarkan kalender Tiongkok dan Indonesia.
  3. Liburan untuk kelas Bahasa Inggris dan Inggris untuk Anak-Anak berdasarkan kalender Filipina.
  4. Liburan untuk kelas Bahasa Jepang berdasarkan kalender Indonesia.
  5. Liburan untuk kelas Bahasa Indonesia berdasarkan kalender Indonesia.
  6. Liburan untuk kelas Bahasa Korea berdasarkan kalender Indonesia.
  1. Paket pembelajaran dengan sesi kredit, adalah program studi yang dibagi menjadi 2 kategori:
    • Kelas Privat yang membebaskan siswa untuk menentukan berapa banyak sesi belajar yang akan diambil sesuai masa paket belajar yang dimiliki dengan minimal 1 sesi dalam 1 hari.
    • Kelas Korporasi diberikan akses belajar berupa sesi kredit sesuai dengan jumlah sesi dan jadwal belajar yang disepakati oleh Korporasi dengan pihak Cakap.
  2. Paket pembelajaran dengan sesi pertemuan berkala, merupakan paket yang hanya berlaku pada kelas Privat dimana paket ini dibagi menjadi 3 macam:
    • Brush Up : Program studi selama 3 bulan (90 hari), 6 bulan (180 hari) atau 12 bulan (360 hari) yang memiliki 1 sesi pemesanan maksimum per hari. Jika pengguna tidak menghadiri kelas pada hari sebelumnya, maka tidak dapat diakumulasikan pada hari berikutnya.
    • Skill Building : Program studi selama 3 bulan (90 hari), 6 bulan (180 hari) atau 12 bulan (360 hari) yang memiliki 2 sesi pemesanan maksimum per hari. Jika pengguna tidak menghadiri kelas pada hari sebelumnya, maka tidak dapat diakumulasikan pada hari berikutnya.
    • Intensif : Program studi selama 3 bulan (90 hari), 6 bulan (180 hari) atau 12 bulan (360 hari) yang memiliki 3 sesi pemesanan maksimum per hari. Jika pengguna tidak menghadiri kelas pada hari sebelumnya, maka tidak dapat diakumulasikan pada hari berikutnya.
  3. Pengguna disarankan untuk mengambil pelajaran setiap hari untuk Paket Unlimited dan minimal 3 hingga 4 kali dalam kurun waktu seminggu untuk Paket dengan sesi kredit.
  4. Untuk kelas Privat, Ketentuan dan / atau mekanisme pemesanan kelas, pembatalan, dan perubahan jadwal dilakukan secara mandiri oleh pengguna melalui dashboard Cakap.
  5. Masa aktif paket Cakap Privat akan terhitung aktif sesuai dengan jadwal kelas pertama yang dipesan oleh Pengguna.
  6. Pengguna dapat memiliki 2 paket belajar Cakap Privat pada pilihan bahasa yang sama dalam 1 akun. Dalam hal ini diberlakukan ketentuan sebagai berikut :
    • Paket yang akan aktif terlebih dahulu adalah paket yang pertama kali dibayarkan
    • Paket kedua akan aktif setelah masa aktif Paket Pertama telah berakhir (untuk paket unlimited) dan / atau setelah sesi kredit habis (untuk paket dengan sesi kredit).
  7. Kelas Privat, kelas Semi Privat dan Korporasi dimulai dari pukul 08:00 WIB dan berakhir pada pukul 22:00 WIB. Terkait dengan ketersediaan guru, Cakap akan memastikan kembali ketersediaan guru jika telah dipesan oleh pengguna lainnya
  8. Kelas Klub kami mulai dari pukul 08:00 WIB hingga pukul 21:00 WIB. Pengguna dapat mengikuti kelas manapun yang sedang berjalan.
  9. Untuk menjaga kualitas pengajaran di Cakap, beberapa pelajaran akan direkam dan disimpan di server Cakap. Rekaman tersebut menjadi sepenuhnya Hak dari Cakap.

Tes Penempatan

  1. Tes penempatan level siswa dilakukan secara individual untuk semua siswa dari kelas semi privat menggunakan akun pribadi.
  2. Hasil dari tes penempatan level akan diinformasikan kepada siswa melalui email.
  3. Apabila hasil belum diterima dalam 1×24 jam, maka siswa bisa menghubungi Tim Study Advisor.

Pembentukan grup kelas

  1. Sebelum kelas dimulai, pembentukkan kelas akan dibantu oleh Tim Study Advisor. Masa tunggu pembentukan kelas akan dilakukan paling lambat dua minggu setelah siswa melakukan pembayaran.
  2. Kelas akan dimulai dua minggu sejak siswa melakukan pembayaran atau siswa bisa memulai kelas dengan segera apabila siswa mengajak 1 – 2 murid lainnya untuk melengkapi pembentukan grup.
  3. Pembentukan grup yang ideal jika semua siswa dalam satu grup memiliki level yang sama yang dibuktikan dengan hasil tes penempatan level siswa yang diselenggarakan Cakap.
  4. Apabila pembentukan grup ideal bila tidak memungkinkan atau jika ada permintaan khusus dari siswa untuk dibuatkan satu grup (semisal, dengan teman-temannya) yang siswa-siswanya memiliki level  yang berbeda, maka tim study advisor akan membentuk kelompok campuran
  5. Jika ada perbedaan level antara siswa dengan siswa lain dalam 1 grup, maka Education Team akan menentukan level yang tepat dan sesuai untuk grup tersebut.
  6. Tim study advisor akan meminta surat persetujuan dari semua siswa untuk menyatakan persetujuan segala hal yang berkaitan dengan penentuan level kelas tersebut.
  7. Setelah grup terbentuk dan program belajar-mengajar sudah berjalan, siswa tidak diizinkan untuk mengubah anggota grup atau berpindah ke grup lainnya.
    Khusus untuk pembentukkan grup Semi Private Kids, terdapat kriteria tambahan berdasarkan usia siswa untuk memaksimalkan proses belajar di Cakap. Berikut pembagiannya:
    • Usia 4 sampai dengan 6 tahun.
    • Usia 7 sampai dengan 11 tahun
    • Usia 12 sampai dengan 15 tahun

Pemesanan kelas, penggantian jadwal, pembatalan kelas dan Cuti

  1. Setelah grup selesai terbentuk, Tim Student Success akan membantu siswa memesankan kelas selama program berlangsung sesuai dengan hari dan jam yang telah disepakati oleh semua siswa dalam satu grup.
  2. Siswa tidak diperkenankan untuk melakukan pemesanan sendiri tanpa sepengetahuan TIm Student Success dan/atau siswa lain dalam satu grup.
  3. Untuk mengganti jadwal belajar dan membatalkan kelas, siswa bisa menginformasikan kepada Tim Student Success melalui grup Whatsapp yang sudah kami sediakan setelah disepakati oleh semua siswa dalam satu grup.
  4. Permintaan penggantian dan pembatalan jadwal belajar harus dikirimkan paling lambat dua puluh empat  jam sebelum kelas berlangsung.
  5. Pengguna yang telah membeli paket belajar, namun karena alasan liburan, penyakit berkepanjangan ataupun alasan lain yang mengakibatkan pengguna tidak dapat mengikuti proses pembelajaran di Cakap dapat mengajukan cuti belajar. Khusus kelas Semi Privat dan Korporasi, cuti berlaku untuk semua pengguna dalam 1 kelompok dan telah mendapatkan persetujuan bersama.
  6. Pengguna yang memiliki paket belajar Cakap Semi Privat mendapatkan kesempatan cuti dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Cakap Semi Privat 6 (enam) bulan mendapatkan kesempatan cuti sebanyak 1 (satu) kali setiap 1 (satu) periode dari masa aktif paketnya.
    • Cakap Semi Privat 12 (dua belas) bulan mendapatkan kesempatan cuti sebanyak 3 (tiga) kali setiap 1 (satu) periode dari masa aktif paketnya.
  7. Pengajuan cuti belajar wajib diberitahukan kepada Student Support & Success Cakap paling lambat 3 (tiga) hari kerja sebelumnya.

Kendala Teknis, keterlambatan dan ketidakhadiran Siswa

  1. Tidak akan ada penambahan waktu dan tidak akan ada kelas pengganti  jika siswa mengalami kendala teknis, keterlambatan, dan ketidakhadiran.
  2. Tutor akan menunggu kehadiran siswa maksimum tiga puluh menit di dalam kelas. Jika lebih dari itu, maka kelas diakhiri, kelas terhitung selesai, dan siswa dianggap tidak menghadiri kelas.
  3. Jika terdapat kendala teknis terkait platform belajar yang digunakan, siswa harus menginformasikan kepada Tim Student Success maksimal satu minggu dari sejak kendala teknis tersebut terjadi.
  4. Jika kendala teknis tetap berlanjut selama tiga kali setelah resolusi teknis standar dilakukan (pindah ke platform cadangan), maka Tim Student Success akan melakukan pertemuan teknis untuk mengakomodasi platform belajar tambahan khusus untuk grup ini.
  5. Setelah platform baru disetujui oleh semua siswa dalam satu grup, maka tidak ada perubahan lebih lanjut yang akan dilakukan sampai paket selesai.

Kendala Teknis, keterlambatan dan ketidakhadiran Pengajar

    1. Jika terdapat kendala teknis dari sisi tutor pada saat sesi kelas sedang berjalan (sebelum menit ke 15 untuk kelas private dan sebelum menit ke 25 untuk kelas semi private), maka kelas akan dibatalkan dan Cakap akan menggantikan periode/kredit sesuai jumlah kelas yang terdampak. Cakap memastikan bahwa penggantian ini akan tetap senilai dengan paket awal. Jika siswa/siswa-siswa setuju untuk tetap melanjutkan kelas, maka tidak akan ada penambahan durasi/perpanjangan periode/kredit.
    2. Jika dalam 5-10 menit dari waktu kelas dimulai tutor belum hadir di kelas, segera hubungi Cakap Student Success melalui whatsapp di link berikut https://bit.ly/Cakapsupport atau melalui live chat di website kami.
    3. Jika tutor terlambat menghadiri kelas hingga 10 menit, maka tutor berkewajiban menambahkan durasi yang tertinggal hingga 50 menit untuk kelas Semi Privat. Contoh waktu keterlambatan:
      • 0-5 menit: Pengajar akan menambahkan durasi sesuai dengan keterlambatan 0-5 menit
      • 6-10 menit: Pengajar akan menambahkan durasi sesuai dengan keterlambatan 6-10 menit
    4. Jika tutor terlambat menghadiri kelas setelah kelas berjalan lebih dari 10  menit, maka siswa dapat memilih kelas dibatalkan atau kelas dilanjutkan.
    5. Jika semua siswa sepakat untuk membatalkan kelas, Cakap akan menggantikan periode/kredit sesuai jumlah kelas yang terdampak dan Cakap akan memastikan bahwa penggantian ini akan tetap senilai dengan paket awal
    6. Jika semua siswa sepakat untuk melanjutkan sisa waktu kelas, maka tidak ada penambahan durasi dan pergantian periode/kredit.
    7. Siswa diperbolehkan memesan kelas kembali di hari yang sama jika disepakati oleh siswa dalam satu grup, dengan ketentuan yang berlaku yaitu paling lambat 6 jam sebelum jadwal kelas dimulai.
    8. Tidak ada lagi tutor yang memberikan sesi kelas tambahan di luar jadwal dan platform, serta tidak ada penambahan waktu belajar di kelas berikutnya.

*Note: (Siswa wajib kirimkan bukti Screenshot di kelas pada saat menunggu tutor).

Tes Akhir dan sertifikat penyelesaian level

  1. Tim Education akan mempersiapkan dan memberikan ujian akhir dalam bentuk tes berbicara. Hal Ini menjadi bagian dari prosedur standar operasional yang diberlakukan oleh Cakap sebagai mekanisme dan / atau prosedur penyelesaian Kelas Semi-Private.
  2. Bagi siswa yang belum mencapai ketuntasan minimal pembelajaran dan / atau materi terakhir, Pihak Cakap akan menawarkan kepada siswa untuk melakukan Perpanjangan Kelas Semi Private.
  3. Siswa berhak mendapatkan Certificate of Attendance (CoA) setelah siswa menyelesaikan semua sesi dengan persyaratan minimum adalah siswa telah menyelesaikan 30 jam sesi belajar. Pemberian CoA ini tidak berlaku bagi siswa yang tidak memenuhi standar minimum sebagaimana tersebut diatas.
  4. Siswa berhak mendapatkan Certificate of Completion (CoC) setelah siswa menyelesaikan semua sesi serta mengikuti ujian akhir dalam bentuk tes berbicara sesuai dengan mekanisme dan / atau Prosedur Ujian yang ditentukan oleh Pihak Cakap.
  5. Laporan kepada siswa hanya sebatas status kehadiran dan laporan perkembangan harian.

Sesi Konsultasi (Khusus Grup Semi Privat Kids)

  1. Setelah menyelesaikan minimum dua puluh jam sesi belajar, orang tua siswa dapat dijadwalkan untuk mengadakan sesi konsultasi bersama tutor Cakap secara individu (bukan grup). Sesi ini diadakan bagi orang tua murid yang ingin mengetahui perkembangan belajar sang anak.
  2. Untuk menjadwalkan sesi konsultasi, orang tua murid dapat mengkomunikasikan hal tersebut kepada Tim Student Success melalui grup WhatsApp yang telah disediakan.
  3. Sesi konsultasi dijadwalkan satu minggu setelah permintaan diterima oleh tim Student Success.
  4. Satu sesi konsultasi akan dihadiri oleh orang tua dari siswa, satu tutor, serta 1 perwakilan dari Tim Education Cakap.

Perpanjangan Grup Belajar

  1. Perpanjangan untuk kelas semi private akan berlaku jika seluruh siswa dalam satu grup menyetujui sesinya untuk diperpanjang.
  2. Apabila permintaan Perpanjangan Kelas Semi Private sebagaimana tersebut diatas hanya diminta salah satu Siswa dan tidak diikuti oleh Siswa lainnya maka Dalam hal ini Pihak Cakap akan memberikan beberapa Opsi yang dapat diambil oleh siswa, diantaranya :
    • Siswa akan ditawarkan oleh Pihak Cakap untuk beralih ke kelas privat
    • Siswa akan disarankan oleh Pihak Cakap agar dapat mencari siswa lain dengan level yang sama.
  3. Grup yang sebagian siswanya tidak memperpanjang diperbolehkan untuk mencari siswa pengganti.
  4. Siswa pengganti wajib untuk memenuhi ketentuan dalam menempuh tes akhir dan sertifikat penyelesaian level
  1. Kelas Privat Cakap Mandarin, Mandarin untuk Anak-Anak, Jepang, Korea dan Indonesia akan berdurasi 45 menit. Sementara waktu belajar untuk kelas Cakap Privat Inggris, Inggris untuk Anak-Anak adalah 25 menit.
  2. Kelas Klub Cakap akan berdurasi 25 menit untuk kelas percobaan dan 50 menit untuk kelas premium. Tidak ada batasan waktu minimal untuk dapat hadir di kelas Klub tetapi pengguna disarankan untuk dapat mengikuti kelas Klub secara penuh agar materi pembelajaran dapat diterima sepenuhnya.
  3. Pengguna kelas Privat Cakap yang tidak hadir maksimal dalam 15 menit setelah kelas dimulai akan dianggap tidak hadir.
  4. Keterlambatan dalam memasuki kelas ketika kelas telah dimulai akan mengurangi durasi proses pembelajaran yang telah ditentukan (dalam poin bagian poin 1 dan 2).
  5. Guru kami memberikan toleransi maksimal 5 (lima) menit (untuk kelas Privat) dari waktu pemesanan sehingga Anda masih dapat menikmati durasi belajar yang maksimal.
  6. Guru kami memberikan toleransi maksimal 5 menit (untuk kelas Privat) dan 10 menit (untuk kelas Korporasi) dari waktu pemesanan sehingga Anda masih dapat menikmati durasi belajar yang maksimal.
  7. Pada kelas Privat Cakap, guru kami akan menunggu hingga 15 menit keterlambatan dari waktu pemesanan sehingga pengguna dapat menikmati sisa durasi kelas.
  8. Khusus kelas Klub, tidak ada batasan waktu minimal untuk dapat hadir di kelas.
  1. Setelah siswa menyelesaikan kriteria tertentu untuk penyelesaian level (termasuk tetapi tidak terbatas pada jam pengajaran yang selesai, materi, ujian, dan peningkatan keterampilan berbicara mereka) siswa akan diberikan peningkatan tingkat mereka dan sertifikat untuk penyelesaian untuk tingkat tertentu
  2. Tingkat kemajuan dan sertifikasi siswa di Cakap adalah sepenuhnya Hak Cakap sebagai lembaga pembelajaran dan diberikan berdasarkan diskresi oleh kepala guru/pengelola mata kuliah sesuai standar akademik internal
  1. Sobat Cakap diwajibkan mengikuti dan menyelesaikan ujian pertengahan dan ujian akhir untuk masuk ke tingkat berikutnya.
  2. Sobat Cakap yang belum menyelesaikan ujian pertengahan atau ujian akhir, tidak dapat memesan kelas atau naik ke tingkat berikutnya.
  3. Ujian pertengahan berlangsung setiap pertengahan materi dalam satu semester. Sementara itu, ujian akhir berlangsung pada akhir semester.
  4. Sobat Cakap memiliki satu kesempatan untuk mengulang ujian jika Sobat Cakap gagal menyelesaikan ujian akhir dalam waktu 1 minggu setelah ujian.
  1. Pada kelas Privat, pengguna dapat memilih guru yang tersedia pada jam yang diinginkan dan memesan kelas secara mandiri berdasarkan kalender yang ada pada dashboard pengguna. Apabila pengguna mengalami kesulitan dalam memilih guru, pengguna dapat menghubungi Student Support & Success kami untuk membantu memilihkan guru yang tersedia yang cocok untuk pengguna.
  2. Pada kelas Semi Privat dan Korporasi, pemilihan guru dan pemesanan kelas dilakukan oleh pihak Cakap sesuai dengan kesepakatan jadwal yang telah ditentukan di awal periode.
  3. Jika guru yang dipilih oleh pengguna berhalangan mengajar sesuai jadwal yang telah dipesan pengguna, maka Cakap akan menyediakan guru pengganti sesuai dengan jadwal yang telah dipesan oleh pengguna.
  4. Apabila pengguna tidak menyetujui guru pengganti yang disipakan oleh Cakap, maka pengguna dapat melakukan pembatalan kelas yang dilakukan melalui tim Student Success. Cakap akan memberikan kompensasi sesuai dengan ketentuan paket pengguna yang berlaku sebagai berikut:
    • Cakap Private Unlimited: penambahan periode paket belajar
    • Cakap Private Credit Based: penggantian kredit untuk paket belajar sesuai jumlah hari atau kelas yang dibatalkan.
  5. Setelah pembatalan berhasil, pengguna dapat melakukan pemesanan kelas kembali dengan memilih guru dan waktu belajar yang masih tersedia.
  1. Pengguna yang tidak hadir di kelas yang dipesan sebagaimana diatur pada “Durasi dan Kehadiran Pembelajaran” poin 8, akan dianggap tidak hadir dan tidak ada kelas pengganti.
  2. Dalam hal pengguna tidak menghadiri kelas Semi Privat dan Korporasi, kursus akan dilanjutkan sesuai jadwal dan materi, serta pelajaran yang terlewat merupakan sepenuhnya tanggung jawab pengguna.
  3. Pada kelas Privat, pengguna harus memesan kelas dengan pengajar paling lambat 6 (enam) jam sebelum jadwal kelas yang diinginkan dan pengguna diperbolehkan membatalkan kelas dalam waktu paling lambat 3 (tiga) jam sebelum kelas dimulai.
  4. Pada kelas Korporasi, pemesanan kelas dilakukan oleh pihak Cakap sesuai jadwal yang telah disepakati dan pengguna diperbolehkan membatalkan kelas dalam waktu paling lambat 24 (dua puluh empat) jam sebelum kelas dimulai.
  5. Jumlah pembatalan kelas pada paket belajar Unlimited tidak memiliki batasan dan tidak memiliki jumlah maksimum. Sementara, untuk paket belajar dengan sesi kredit jumlah pembatalannya adalah separuh dari total kredit yang dimiliki oleh pengguna.
  6. Bagi pengguna Paket belajar dengan sesi kredit, apabila yang bersangkutan telah menggunakan semua batas pembatalan kelas sebagaimana diatur pada poin 5, maka pengguna tetap dapat membatalkan kelas namun kredit yang dibatalkan tidak akan dikembalikan ke akun pengguna.
  7. Pengguna yang sudah membeli paket namun karena alasan liburan, penyakit berkepanjangan ataupun alasan lain yang membuat pengguna tidak dapat mengikuti proses pembelajaran di Cakap dapat mengajukan cuti belajar sesuai dengan jumlah kesempatan cuti pada paket yang Pengguna miliki sebagaimana diatur pada poin 8. Pengajuan cuti belajar wajib diberitahukan kepada Student Support & Success kami paling lambat 3 (tiga) hari kerja sebelumnya
  8. Pengguna yang memiliki paket belajar Cakap Privat mendapatkan kesempatan cuti sebagai berikut:
    • Cakap Privat 6 (enam) bulan mendapatkan kesempatan cuti sebanyak 1 (satu) kali setiap 1 (satu) periode dari masa aktif paketnya.
    • Cakap Privat 12 (dua belas) bulan mendapatkan kesempatan cuti sebanyak 3 (tiga) kali setiap 1 (satu) periode dari masa aktif paketnya.
  9. Pengguna dapat menonaktifkan akun sementara dengan mengambil cuti yang dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 200.000/waktu cuti untuk 30 hari. Terkait hal ini Pengguna dapat menghubungi Student Support & Success kami untuk menonaktifkan akun Cakap Anda untuk sementara waktu
  10. Pengguna dapat menggunakan kesempatan cuti secara sekaligus selama jumlah kesempatan cuti masih tersedia sesuai poin 8.
  11. Permintaan cuti dan penyesuaian masa studi akan diproses setelah pengguna melampirkan bukti pembayaran paket cuti kepada tim Student Support & Success.
  12. Paket asal akan aktif secara otomatis setelah paket cuti berakhir. Pengguna dapat kembali melakukan pemesanan kelas satu hari setelah cuti berakhir. Terkait hal ini Pengguna dapat menghubungi Student Support & Success jika pengguna memiliki pertanyaan atau mengalami kendala.
  1. Jika terjadi masalah jaringan atau perangkat keras dari pengajar, pengguna Cakap perlu melaporkan masalah tersebut ke Student Support & Success kami dalam waktu 3 (tiga) hari setelah kelas diadakan dengan melampirkan screenshot kendala dan screenshot test kecepatan jaringan.
  2. Jika terdapat Kendala dan / atau hambatan saat kelas sedang berjalan (sebelum menit ke-15 untuk kelas Privat), maka kelas akan dibatalkan dan Cakap akan menggantikan periode/kredit sesuai jumlah kelas yang terdampak. Cakap memastikan bahwa penggantian ini akan tetap senilai dengan paket awal. Jika Pengguna setuju untuk tetap melanjutkan kelas, maka tidak akan ada penambahan durasi/perpanjangan periode/kredit.
  3. Penjadwalan ulang kelas dilakukan dengan menghapus kelas yang sudah dipesan sebelumnya dan akan ditambahkan periode belajar untuk paket belajar Unlimited dengan menyesuaikan jumlah kelas yang dibatalkan atau mengembalikan kredit sebelumnya bagi Pengguna paket belajar Kredit. Hal ini tidak akan mengurangi jumlah sesi yang dimiliki oleh pengguna.
  4. Jika masalah jaringan atau perangkat keras terjadi dari sisi pengguna selama kelas berlangsung, maka kelas tidak akan diganti dan Pihak Pengguna sepakat untuk membebaskan Cakap dari tanggung jawab dalam bentuk apapun.
Pengguna setuju untuk tidak dapat, secara langsung atau tidak langsung, membocorkan atau menggunakan setiap Informasi Rahasia murid dengan Perusahaan (sepanjang informasi tersebut bersifat rahasia) tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari Cakap.
  1. Pengguna tidak diperbolehkan memiliki kegiatan di luar waktu kelas dengan guru di luar platform Cakap. Cakap tidak bertanggung jawab atas segala bentuk pelanggaran yang dilakukan oleh Oknum Cakap apabila kegiatan dilakukan di luar Platform Cakap.
  2. Pengguna tidak diperbolehkan mengalihkan sisa pelajaran kepada pengguna lainnya atau pihak lain, termasuk namun tidak terbatas kepada keluarga.
  3. Setiap pengguna hanya diperbolehkan mendaftarkan 1 (satu) akun di platform Cakap. Hanya pengguna terdaftar yang diperbolehkan menikmati manfaat belajar di Cakap. Cakap melarang penggunaan 1 (satu) akun yang digunakan oleh dan/atau untuk beberapa Pengguna. Dalam hal terjadi peristiwa penggunaan akun oleh dan/atau untuk beberapa pengguna sebagaimana dimaksud di atas, Cakap berhak melakukan pemblokiran terhadap akun tersebut.
  4. Sobat Cakap diharapkan dapat memberikan tanggapan yang  santun, jelas, dan tepat terhadap topik diskusi yang diberikan pada saat proses belajar-mengajar dilangsungkan. Semua pesan yang menyinggung etnis, agama, ras, dan kelompok orang lainnya; berisi ujaran kasar dan kebencian, kecenderungan seksual, dan jargon atau dialek regional dilarang;
  5. Guru dan Perwakilan Cakap dapat dan/atau diperbolehkan mengambil tindakan yang tegas ketika Sobat Cakap memberikan perilaku yang tidak pantas atau beberapa tindakan tidak nyaman yang dapat membuat kelas menjadi tidak kondusif.
  6. Guru dan Perwakilan Cakap dapat dan/atau diperbolehkan untuk mengambil tindakan tegas dan bilamana perlu mengambil langkah-langkah Hukum terhadap segala bentuk Perbuatan dan/atau Perkataan dan/atau Pernyataan yang mengandung muatan-muatan pelanggaran terhadap kesusilaan, norma-norma Moral, Etika yang berlaku di Indonesia dan didistribusikan secara langsung maupun tidak langsung baik melaui media elektronik dan/atau media sosial dalam bentuk apapun yang mekanisme pelaksanaannya dan penerapan sanksinya tunduk pada ketentuan Perundang-undangan yang berlaku di Indonesia;
  7. Adapun terkait ketentuan sebagaimana dimaksud pada Poin 5 dan Poin 6 Syarat dan Ketentuan ini, Guru dan Perwakilan Cakap dapat memberikan tindakan tegas dan/atau sanksi berupa:
    • Peringatan bersifat lisan termasuk namun tidak terbatas kepada Peringatan yang diberikan oleh Guru kepada siswa dalam bentuk apapun;
    • Peringatan bersifat tertulis yang dibuat dalam format baku berbentuk surat dan ditujukan kepada siswa yang melakukan pelanggaran sebagaimana dimaksud pada Poin 5 dan Poin 6 Syarat dan Ketentuan ini;
    • Guru dan Perwakilan Cakap dapat dan/atau diperbolehkan melakukan suspend Account apabila Peringatan lisan dan tertulis tidak diindahkan dan/atau diabaikan oleh siswa yang bersangkutan;
    • Guru dan Perwakilan Cakap dapat dan/atau diperbolehkan menempuh upaya-upaya Hukum apabila siswa yang bersangkutan masih tetap melakukan Pelanggaran sebagaimana dimaksud pada Poin 5 dan Poin 6 Syarat dan Ketentuan ini;
  8. Sobat Cakap diharapkan dapat belajar dari sistem kami dan tidak diharapkan dapat menjangkau perwakilan Cakap kami (Guru, Dukungan, dan Penjualan) di luar platform Cakap.
  9. Di kelas Klub, Sobat Cakap diharapkan memiliki nama pengguna yang valid dan tidak ofensif untuk memiliki pembelajaran kolaboratif yang lebih baik dengan anggota grup lainnya.

Dengan mengunjungi atau menggunakan Situs, Anda setuju bahwa Syarat dan Ketentuan ini diatur oleh dan akan ditafsirkan sesuai dengan hukum Indonesia. Pengadilan Indonesia memiliki yurisdiksi eksklusif atas perselisihan antara Anda dan kami, terlepas dari apakah Anda adalah pengguna / pelanggan terdaftar dan terlepas dari jenis perselisihan. Anda setuju untuk tidak memulai atau menuntut tindakan apapun terhadap kami selain di pengadilan Indonesia dan Anda dengan ini menyetujui, dan melepaskan semua pembelaan atas kurangnya yurisdiksi pribadi dan forum non-kenyamanan sehubungan dengan, tempat dan yurisdiksi pengadilan Indonesia. Terlepas dari ini, Anda setuju bahwa kami masih akan diizinkan untuk mengajukan permohonan untuk solusi hukuman (atau jenis keringanan hukum yang setara) di yurisdiksi mana pun. Cakap melakukan upaya untuk memastikan bahwa publikasi, iklan, dan penawarannya di situs ini sepenuhnya memenuhi persyaratan Hukum Indonesia dimana hal tersebut dimaksudkan agar konten tersebut dapat dilihat. Syarat dan Ketentuan ini merupakan keseluruhan perjanjian antara Anda dan Cakap. Cakap berhak untuk menegakkan perjanjian ini atas nama sendiri dan atas nama dan untuk kepentingan entitas afiliasinya. Terlepas dari entitas afiliasi yang berhak untuk menegakkan ketentuan perjanjian ini dengan cara yang sama seperti Cakap, tidak ada dalam perjanjian ini yang akan memberikan hak atau manfaat apa pun kepada pihak ketiga berdasarkan ketentuan Undang-Undang Kontrak (Hak Pihak Ketiga) 1999.

Cakap dapat segera menangguhkan atau menghentikan akses Anda ke situs dan aplikasi kami tanpa pemberitahuan jika ada pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan penggunaan ini sebagaimana telah ditentukan di atas oleh Anda dan hal tersebut telah menjadi perhatian kami.

Jika Anda melanggar Syarat dan Ketentuan yang telah berlaku ini, kami akan mengupayakan pendekatan-pendekatan musyawarah untuk mencapai mufakat. Namun apabila upaya-upaya tersebut tidak berhasil dilakukan, maka kami akan melakukan tindakan tegas dan apabila diperlukan kami akan mengupayakan penyelesaian secara Hukum terkait pelanggaran yang dilakukan oleh Sobat Cakap.

Pendaftaran Anda dapat dihentikan dan profil Anda serta konten atau informasi apa pun yang telah Anda posting di situs atau aplikasi ini dapat dihapus kapan saja. Kami dapat melarang Anda menggunakan atau mengakses situs dan aplikasi ini dengan alasan apa pun, kapan saja atas kebijakan kami sendiri, dengan atau tanpa pemberitahuan. Syarat dan Ketentuan ini akan berlaku untuk setiap penggunaan situs dan aplikasi ini, juga setelah pendaftaran Anda dihentikan.

Dalam memberikan sertifikat hardcopy, pengguna Cakap akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 200.000 (Dua ratus ribu rupiah) per sertifikat.

Cakap berhak mengubah perjanjian ini tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang Ketentuan Layanan kami, jangan ragu untuk menghubungi kami di cs@cakap.com

 

Urusan Bisnis & Hukum Cakap

PT Cerdas Digital Nusantara
Jl. Makaliwe Raya No.36, RT.2/RW.5, Grogol
Grogol Petamburan- West Jakarta 11450
(+62) 812 1833 8653

Kantor China
Distrik Changping
Jalan Utara Ketujuh 69, Kamar 1410
Beijing, Tiongkok

Setiap hak yang tidak secara tegas diberikan di sini dilindungi undang-undang.